Dropcap, colomns, header, & footer, clip art dan watermark, page border, smart art, footnote dan comment
Dropcap, colomns, header, & footer, clip
art dan watermark, page border, smart art, footnote
dan comment
1.
Drop Cap
Drop Cap adalah satu hurup awal teks yang diberi gaya khusus dari teks lainnya. Sebetulnya gaya Drop Cap adalah hurup yang diberi Frame, tetapi dilakukan secara otomatis, untuk membuat Drop Cap lakukan langkah-langkah berikut :
Drop Cap adalah satu hurup awal teks yang diberi gaya khusus dari teks lainnya. Sebetulnya gaya Drop Cap adalah hurup yang diberi Frame, tetapi dilakukan secara otomatis, untuk membuat Drop Cap lakukan langkah-langkah berikut :
a. Letakan kursor di paragraf
yang akan diberi tatanan Drop cup.
b. Pilih Menu Format – Drop Cap
c. Tentukan tatanan yang
diinginkan, seperti position untuk menentukn posisi Drop Cap terhadap teks yang
lain sesuai dengan bentuk tampilan. Font untuk menentukan font Drop Cap, Line to Drop menentukan berapa
baris ukuran Drop Cap relatif terhadap teks lainnya. Diostance From Text menentukan
jarak antaa Drop Cap dengan teks lainnya lalu Klik OK
2.
Columns
Dengan Microsoft Word kalian dapat mengetik
dokumen berbentuk model kolom, atau dalam suatu dokumen tersendiri dari
pengetikan dengan jumlah kolom yang berbeda.berikut langkah-langkah membuat
columns:
a. Ketik terlebih dahulu
dokumen kalian
b. Setelah selesai
diketik, pilihlah (blok) dokumen yang akan dibuat dengan bentuk kolom.
c. Pilihlah menu Format- columns atau Klik ikon Colomns
d. Tentukan pilihan kolom
yang sesuai, pilihan kalian :
e. Klik OK
3.
Footnote
Footnote adalah catatan kaki dalam dokumen,
biasanya dipakai untuk merangkai suatu kata atau kalimat atau pokok bahasan
dalam dokumen, untuk memperjelas maksud dokumen atau menerangkan sumbernya.
Langkah – langkah untuk membuat footnote:
a. klik kursor ketempat
tanda footnote akan diletakan.
b. Pilih Menu Insert- Footnote
c. Tentukan pilihan
footnote yang anda inginkan :
d. Klik OK
4.
Header dan Footer
Header adalah suatu teks yang tercetak
dibagian atas setiap halaman (termasuk nomor halaman). Sedangkan footer
tercetak disetiap halaman pada bagian bawah halaman. Untuk membuat Header dan
foother ikutilah langkah-langkah berikut:
a.
Pilih menu insert- Header
and Foother
b.
Ketik header dan footer yang kalian inginkan. Kalau perlu anda
juga dapat mengatur nomor halaman, menyisipkan tulisan, tanggal dan jam serta
mengatur tatanan header dan foother
c.
Klik Close jika
sudah selesai.
5.
Halaman
Untuk membuat nomor halaman ikutilah
langkah-langkah berikut :
a.
Pilih menu Insert – Page
Numbers
b.
Tentukan pilihan yang kalian inginkan inginkan :
c.
Klik OK
6.
Clip Art
a.
Pilih Tab Insert.
b.
Klik perintah Clip Art
di kelompok Ilustrasi.
c.
Clip Art akan muncul di sebelah kanan dokumen di sebelah kanan.
d.
Masukkan kata kunci dalam Pencarian untuk: bidang yang terkait
dengan citra yang kalian ingin untuk memasukkan.
e.
Klik panah drop-down Cari di line.
f.
Pilih media yang di inginkan
g.
Klik panah drop-down
h.
Hapus setiap jenis gambar yang tidak ingin melihat.
i.
Klik Go
7.
Page
Border
Pege border adalah untuk menambah kreasi
bingkai pada dukumen yang kalian buat, supaya tampilanya tidak terlalu monoton,
berikut langkah-langkah membuat page border.
a.
Klik menu page layout – page border
b.
Akan muncul Page Border tab
pada kotak dialog Borders and Shading
c.
Di bagian Setting,
pilih bentuk bingkai yang diinginkan
d.
Style untuk menentukan gaya garis bingkai.
e.
Color untuk menentukan warna garis bingkai.
f.
Width: untuk menentukan ketebalan garis bingkai.
g.
Art untuk memilih bingkai yang artistik, misalnya
gambar bintang, pohon, dan lain-lain.
h.
Selanjutnya buat pengaturan pada Apply to
i.
Klik optons untuk merubah ukuran jarak
jauh dan dekatnya sebuah bingkai
j.
Untuk merubah bingkai halaman: pada Page Layout tab, Page
Background grup, klik Page Borders. Buat perubahan yang diinginkan pada Page Border tab.
k.
Untuk menghapus bingkai halaman: pada Page Layout tab, Page Background grup,
klik Page Borders. Untuk
menghapus seluruhnya, di bagian Setting,
klik None. Untuk menghapus
sisi tertentu saja, klik tombol bingkai di bagian Preview.
8.
Watermark
Watermark merupakan teks atau gambar yang
muncul di bagian latar dokumen, yang berguna untuk menambah daya tarik atau
memberikan identitas pada dokumen tersebut, misalnya menandai dokumen tersebut
sebagai Draft.
Pada artikel ini akan dibahas cara membuat
watermark dengan menggunakan teks dan gambar serta cara menampilkan watermark
di halaman tertentu saja.
Rekomendasi artikel:
Rekomendasi artikel:
a. Pada Page Layout tab, Page Background group, klik Watermark.
b. Jika ingin membuat
teks tersendiri, klik Custom
Watermark untuk membuka kotak dialog Printed Watermark.
1. Klik Text watermark dan lakukan hal berikut:
1. Klik Text watermark dan lakukan hal berikut:
2. Klik pada kotak di
samping Text, ketik teks
yang diinginkan.
3. Atur format
pada Font (tipe
font), Size (ukuran),
dan Color (warna).
4. Atur Layout watermark.
5. Klik OK bila sudah selesai.
9.
Smart Art
Membuat Grafik SmartArt untuk dengan cepat dan mudah membuat representasi
visual informasi kalian. Kalian bisa
memilih antara banyak tata letak yang berbeda, untuk mengkomunikasikan pesan
atau ide. Grafik SmartArt bisa dibuat di Excel, Outlook, PowerPoint dan Word,
dan mereka bisa digunakan di seluruh Office.Untuk mendapatkan gambaran umum
Grafik SmartArt, termasuk pertimbangan untuk memilih grafik terbaik dan tipe
tata letak untuk menampilkan data kalian atau menyampaikan konsep.
Langkah-langkahnya:
a.
Pada tab insert klik smart art
b.
Dalam kotak dialog Pilih grafik SmartArt, klik tipe dan tata letak yang
diinginkan.
Menambahkan atau menghapus bentuk dalam grafik SmartArt kalian
a. Klik grafik SmartArt yang ingin kalian tambahkan ke bentuk lain.
b. Klik bentuk yang ada yang terletak paling dekat dengan tempat
kalian ingin menambah bentuk baru.
c. Di bawah Alat
SmartArt, pada tab Desain,
dalam grup Buat Grafik,
klik panah di samping Tambahkan
Bentuk.
10. comment
Comment merupakan cara
bantu seseorang untuk menomentari jikalau ada kata-kata yang salah atau kurang tepat pada sebuah
dukumen yang dibuat oleh seseorang. Lankah-lankag membuatnya seperti berikut:
1.
letakkan kursor kalian pada kata yang di
anggap salah atau kurang benar
2.
klik menu review,
3.
kemudian new comment
4.
kemudian timbul di sebelah kanan tempat
untuk memberi comment
5.
setelah itu ketik apa yang ingin di
comment
6.
klik enter
Komentar
Posting Komentar